16 April 2008

Toyota India Investasi $ 350 Juta di Mobil Kecil

Tidak lama lagi Toyota Motor Corp. akan memproduksi mobil berukuran kecil di India dengan harga terjangkau. Untuk itu, TMC membangun pabrik kedua di Bidadi, Bangalore,India dengan investasi $ 350 juta. Berkapasitas 100.000 unit/tahun, pabrik ini direncanakan beroperasi 2010.
"Dari pabrik ini kami akan memproduksi mobil kecil yang saat ini sedang dikembangkan di fasilitas riset dan pengembangan kami di Jepang," kata K.K. Swamy, deputi managing director Toyota Kirloskar Motor seperti dilaporkan telegraphindia.com, Jumat (11/4). Mobil itu akan diluncurkan di India tahun 2010.
Selain untuk pasar India, mobil ini juga disiapkan untuk ekspor. Meskipun diposisikan sebagai mobil murah, namun Swamy menegaskan tidak akan semurah Tata Nano. "Model ini masih dalam tahap pengembangan, sulit untuk membicarakan soal harganya sekarang. Tapi kami juga mempertimbangkan keuntungan-keuntungan dihapuskannya tarif bea masuk,” katanya.
Toyota akan memanfaatkan perjanjian perdagangan bebas India - Thailand yang akan berlaku 2010. Saat itu, bea masuk mesin nyaris nol. Itu akan menekan ongkos produksi secara signifikan. Menurut dnaindia.com, Sabtu (12/4), mesin mobil mungil ini nanti di impor dari Thailand. Sedangkan sebagian besar komponen lain diserap dari India untuk menekan biaya. Yang unik, transmisi -dibuat oleh Toyota Kirloskar Auto Parts- dikirim ke Thailand untuk dirakit bersama mesin sebelum dikirim kembali ke India.
Toyota India berharap bisa mendapatkan 10% dari seluruh volume pasar otomotif India pada tahun 2010. Model baru ini diharapkan bisa berperan dalam upaya mencapai tujuan itu.
Model itu -saat ini diberi nama kode 800L- juga diproyeksikan untuk pasar Brazil, India, Russia dan China. (*)

Tidak ada komentar: