18 April 2008

EPA Anugrahkan 2008 Energy Star Award

Environmental Protection Agency (EPA), badan perlindungan lingkungan USA menganugrahkan 2008 Energy Star Sustained Excellence Award kepada Toyota Motor Engineering and Manufacturing North America, Inc. (TEMA) untuk kepemimpinan dalam perlindungan lingkungan lewat efisiensi energi. Penghargaan itu diserahkan di Washington DC, 1 April 2008, seperti dilaporkan finchanel.com, Rabu (16/4).

Penghargaan tahunan bergengsi itu diterima TEMA sejak 2003. TEMA diakui memiliki komitmen jangka panjang untuk efisiensi energi yang mencakup sepuluh fasilitas produksi di USA. Di seluruh USA, perusahaan-perusahaan ternama dan organisasi secara kontinyu mempromosikan efisiensi energi dengan berpartisipasi progam Energy Star. Tahun lalu saja, berkat Energy Star, USA bisa menghemat $ 16 miliar untuk pengeluaran energi, sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca.
"Melindungi lingkungan hidup dengan mengurangi emisi gas rumah kaca sekaligus memperbaiki efisiensi energi adalah prioritas utama," kata Steve St. Angelo, TEMA Senior Vice President.

Contoh-contoh penghematan energy di fasilitas produksi TEMA termasuk:
- Mengganti sistem penerangan pabrik dengan lampu modern yang hemat energi. Langkah ini menghemat $ 500.000 per tahun dan mengurangi emisi CO2 hingga 10.242 metrik ton, atau setara dengan emisi yang diproduksi 730 rumah.
- Mengurangi penggunaan energi di libur akhir pekan dan yang tidak berhubungan dengan produksi. Penghematannya mencapai $ 103.000/tahun dan emisi yang dikurangi mencapai 1.596 metrik ton atau setara 115 rumah.
- Mengurangi pemakaian air dalam proses pengecatan, menghemat $ 185.000 pertahun dan menghemat air hingga 50 gallon per mobil.

Sejak 2002 Toyota berhasil menurunkan pengunaan energi per mobil hingga 21% dan emisi CO2 per mobil turun 20%. Total biaya energi yang dihemat mencapai $ 26 juta atau setara dengan ongkos energi 17.000 rumah.

Penghargaan 2008 Sustained Excellence Awards di berikan pada kelompok/organisasi pilihan yang bisa menunjukkan kepemimpinan tahun demi tahun dalam penghematan energi. Para pemenang ini telah mengurangi konsumsi energi dan memangkas produksi gas rumah kaca, lewat pendekatan inovatif dan pencapaian target yang agresif. Pemenang penghargaan dipilih dari 9000 organisasi yang berpartisipasi dalam program Energy Star. (*)

Tidak ada komentar: