Triwulan 1 Toyota Ungguli Pesaing Terdekatnya
Jakarta, 27 April 2008
Total penjualan global Toyota Motor Corp. triwulan pertama tahun ini semakin jauh dari rival terdekatnya dengan selisih 159.000 unit mobil.
Dalam tiga bulan pertama tahun ini, Toyota menjual 2,41 juta unit, naik 2,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara pesaing terdekatnya, turun 1% menjadi 2,25 juta unit. Pertumbuhan penjualan Toyota itu tercatat paling kecil dalam lima triwulan terakhir, seiring melemahnya permintaan dari USA. Penurunan permintaan dari pasar terbesar di dunia itu mempengaruhi semua produsen mobil.
Tahun lalu, selisih Toyota dari pesaing terdekatnya itu menurut catatan Bloomberg.com adalahh 3.100 unit berkat dominasinya di pasar-pasar utama seperti China, Brazil, dan USA.
Angka-angka yang dirilis Toyota juga meliputi penjualan anak perusahaannya, Daihatsu Motor Co. dan Hino Motors Ltd. Di luar kedua perusahaan itu, penjualan Toyota di Amerika Utara turun 4,4% menjadi 616.554 unit. Sedangkan di China Toyota menjual 149.672 unit dan di Timur Tengah 148.377 unit.
Toyota berencana meresmikan pabrik kedua di India pada tahun 2010, untuk mengurangi ketergantungannya terhadap pasar Amerika Utara. Selama ini kawasan itu menyumbangkan 50% dari operating profit tahunan Toyota. (*)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar